Kamis, 20 September 2012

Remis ooh Remis

Tahu apa itu Remis? entah bagaimana sejenis kerang yang satu ini bisa membuat saya candu, apalagi kalau dimasak dengan tangan ibu dan bumbu - bumbu rahasia ibu, rasanya saya bisa lupa bagaimana rasa ayam. 
Remis adalah sejenis kerang yang bisa didapatkan dipinggir pantai dan dengan bentuk lebih kecil dari saudara - saudaranya. Remis juga memiliki sifat umum yang hampir sama dengan kerang pada umumnya,
Semua kerang-kerangan memiliki sepasang cangkang (disebut juga cangkok atau katup) yang biasanya simetri cermin yang terhubung dengan suatu ligamen (jaringan ikat) begitu pula dengan remis. Pada kebanyakan kerang terdapat dua otot adduktor yang mengatur buka-tutupnya cangkang.
Remis tidak memiliki kepala (juga otak) dan hanya simping yang memiliki mata. Organ yang dimiliki adalah ginjal, jantung, mulut, dan anus. Kerang dapat bergerak dengan "kaki" berupa semacam organ pipih yang dikeluarkan dari cangkang sewaktu-waktu atau dengan membuka-tutup cangkang secara mengejut.
Sistem sirkulasinya terbuka, berarti tidak memiliki pembuluh darah. Pasokan oksigen berasal dari darah yang sangat cair yang kaya nutrisi dan oksigen yang menyelubungi organ-organnya.
Makanan Remis adalah plankton, dengan cara menyaring.
Remis adalah sekelompok kerang-kerangan kecil yang hidup di dasar perairan, khususnya dari genus Meretrix, famili Veneridae.
Remis mempunyai cangkang yang kuat dan simetris, bentuk cangkang agak bundar atau memanjang. Permukaan periostrakum agak licin, bagian dalam bewarna putih dan bagian luar bewarna abu-abu kecoklatan. Hidup membenamkan diri dalam substrat. Lebar cangkang dapat mencapai 3-4 cm.
Mau tahu bagaimana Remis kalau sudah diberi bumbu? 
Dan Rasanya cuma saya yang bisa merasakan nikmatnya :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar